Analisis Perbandingan Kualitas Website Lazada.co.id dan Elevenia Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus pada Pengguna Website Lazada.co.id dan Elevenia di Indonesia)

MULYONO EKO CAHYONO

Informasi Dasar

19.04.4284
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan internet dan teknologi informasi saat ini sangatlah pesat, hampir se-luruh masyarakat di Indonesia saat ini menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk membuka bisnis e-commerce seperti Lazada.co.id dan Elevenia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi kualitas website Lazada.co.id dan Elevenia menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis (IPA), serta mengetahui perbedaan kualitas dari kedua website. Jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif, yaitu untuk menggambarkan kondisi kualitas dari masing-masing website menurut persepsi konsumen, dengan alat ukur pada penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden yang pernah mengunjungi dan bertransaksi di website Lazada.co.id dan Elevenia. Dengan hasil penelitian yang didapat bahwa kinerja (Performance) website Lazada.co.id dan Elevenia berada pada kategori baik. Website Lazada.co.id mem-peroleh skor rata-rata 75% dan website Elevenia memperoleh skor dengan rata-rata 71%. Sedangkan untuk tingkat harapan (importance) website Lazada.co.id dan Elevenia berada pada kategori penting, Lazada.co.id dan Elevenia memperoleh skor rata-rata 81%, yang artinya harapan terhadap kinerja pengguna kedua website lebih tinggi.
Berdasarkan analisis kesenjangan (gap), dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dimensi usability, information quality, dan service interaction website Laza-da.co.id dan Elevenia bernilai bernilai negatif, ini menandakan bahwa tingkat kualitas aktual pada tiga dimensi kedua website dinyatakan belum bisa memenuhi kualitas ideal atau keinginan penggunanya. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji beda mann whitney, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan kualitas antara website Lazada.co.id dan Elevenia.

Kata kunci: E-commerce, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), Mann Whitney.

Subjek

SERVICE MARKETING
 

Katalog

Analisis Perbandingan Kualitas Website Lazada.co.id dan Elevenia Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus pada Pengguna Website Lazada.co.id dan Elevenia di Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MULYONO EKO CAHYONO
Perorangan
TRI INDRA WIJAKSANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini