PEMBERITAAN AKSI GERAKAN TAGAR 2019 GANTI PRESIDEN (Analisis Framing Robert N. Entman di Mediaindonesia.com Periode September 2018-Januari 2019)

MUHAMMAD IZZUDDIN ALQOSAM

Informasi Dasar

19.04.4220
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet dan media merupakan kedua hal yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan dan memproduksi informasi. Dengan adanya kehadiran Internet dan media, membuat perusahaan media memanfaatkan kehadirannya dalam memproduksi dan menyebarkan informasi, salah satu medianya adalah mediaindonesia.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Media Indonesia membingkai pemberitaan tentang aksi gerakan #2019GantiPresiden pada edisi September 2018-Januari 2019. Penelitian ini menggunakan analisis framing Robert N. Entman dengan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mediaindonesia.com memiliki pandangan yang cenderung netral dan objektif. Informasi yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah adanya nilai yang dibawa dalam berita tentang #2019GantiPresiden adalah gerakan yang menimbulkan suatu perpecahan masyarakat yang memiliki perbedaan pendukung dalam kompetisi pemilu 2019. #2019GantiPresiden juga membawa nilai yang buruk bagi pemimpin yang sedang menjabat, karena dari nama dan berita yang ditonjolkan aksi tersebut condong kepada upaya menjatuhkan kepemimpinan Presiden.

Kata kunci: Framing, Robert N. Entman, #2019GantiPresiden, Media Online

Subjek

MASS MEDIA
 

Katalog

PEMBERITAAN AKSI GERAKAN TAGAR 2019 GANTI PRESIDEN (Analisis Framing Robert N. Entman di Mediaindonesia.com Periode September 2018-Januari 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IZZUDDIN ALQOSAM
Perorangan
DIAH AGUNG ESFANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini