Aplikasi Motif Batik Cimahi-Ciawitali Menggunakan Teknik Rajut Mesin untuk Produk Fesyen

HANI SEPTIANI ROSIHAN

Informasi Dasar

19.04.4201
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Batik Cimahi merupakan hasil karya dari masyarakat Kota Cimahi melalui sayembara yang diadakan oleh Dekranasda setempat. Motif-motif yang dihasilkan merupakan ciri khas dari Kota Cimahi tersebut. Salah satunya adalah motif Ciawitali yang terinspirasi dari salah satu nama daerahnya dan juga dari tanaman bambu yang banyak tumbuh disana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan peluang dan membuat inovasi baru terhadap produk dari motif batik Cimahi menggunakan teknik tekstil non-printing yaitu teknik rajut mesin menggunakan mesin rajut komputer bundar.

Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara ke salah satu pengrajin Batik Cimahi, kemudian dilakukan eksplorasi. Penulis juga melakukan observasi ke beberapa pusat perbelanjaan, guna melihat perkembangan desain yang sedang banyak diminati saat ini. Produk yang dihasilkan berupa pakaian modest wear yang bergaya kasual agar dapat digunakan dalam kegiatan sehari – hari.

Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa adanya peluang dari teknik rajut mesin komputer sebagai salah satu alternatif penghasil motif batik berupa produk pakaian. Kemudian untuk mengembangkan produk fesyen bermotif batik menjadi lebih beragam yaitu pakaian bergaya kasual.

Kata kunci : Batik Cimahi, Motif Ciawitali, rajut mesin, modest wear.

Subjek

FASHION INDUSTRY
 

Katalog

Aplikasi Motif Batik Cimahi-Ciawitali Menggunakan Teknik Rajut Mesin untuk Produk Fesyen
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANI SEPTIANI ROSIHAN
Perorangan
CITRA PUSPITASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini