FENOMENA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG (Studi Tentang Prilaku Mahasiswa Sebagai Penggemar Game Online di Telkom University)

DIAN SAPUTRA

Informasi Dasar

19.04.4162
302.34
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet semakin berkembang pesat, sudah tidak asing lagi dengan video game online. Game online sekarang tidak hanya dimainkan di komputer saja tetapi pada saat ini smartphone telah menyediakan game berbasis online, salah satunya adalah Mobile Legends Bang Bang. Game ini banyak di bicarakan dan dimainkan mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Fenomena Mobile Legends: Bang Bang juga terjadi di lingkungan kampus Telkom University. Para mahasiswa yang pada awalnya hanya bermain untuk sekedar mengisi jam kosong ataupun bermain untuk menaikan ranked mereka terkadang memaklumkan hal lain yang sebenarnya lebih penting karena terlalu asyik bermain.
Dengan adanya fenomena ini, peneliti tertarik untuk mengetahui motif dan perubahan perilaku penggunanya setelah sekian lama memainkan game ini dengan intensif. Penelitian ini merupakan penalitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti mengambil 5 mahasiswa dengan kriteria tertentu sebagai subjek dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motif para mahasiswa memainkan game ini dan adanya perubahan perilaku individu maupun sosial yang dirasakan oleh para penggunanya. Perubahan perilaku yang terjadi pada para pengguna game Mobile Legends: Bang Bang ini menghasilkan efek positif yang diantaranya menaikan mood penggunanya, melatih pola pikir penggunanya dan melatih kesabaran. Adapun efek negatif dari game ini, diantaranya membuat ketergantungan, berkurangnya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, hingga menurunnya tingkat prestasi penggunanya.

Subjek

Social interaction
 

Katalog

FENOMENA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG BANG (Studi Tentang Prilaku Mahasiswa Sebagai Penggemar Game Online di Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN SAPUTRA
Perorangan
FREDDY YUSANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini