IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL KERAJINAN KAYU (Studi Kasus Pada Industri Kecil Pengerajin Kayu di Jalan BKR Kota Bandung)

MUHAMAD RAFIF PRIJANTORO

Informasi Dasar

19.04.4086
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sentra kecil Industri pengerajin kayu di jalan BKR Kota Bandung merupakan salah satu sentra pengerajin kayu di kota Bandung yang mengolah bahan mentah menjadi produk.Tempat yang cukup sederhana menggunakan tenda terpal yang berfungsi menjadi tempat transaksi jual beli dan sekaligus menjadi tempat produksi.

Faktor-faktor internal yang menjadi penopang utama belum bisa dimaksimalkan pada industri ini.Guna mempercepat perkembangan cara paling sederhana dimulai dari segi internal terlebih dahulu.Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal yang menunjang perkembangan bagi sentra tersebut agar mempercepat tumbuh kembang sentra tersebut.

Dalam penelitian kualitatif ini terdapat situasi sosial yaitu tiga lapak yang menjadi objek penelitian kali ini.Lalu peneliti menggunakan metode triangulasi dalam mengumpulkan data dan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang didalamnya terdapat komponen yaitu data reduction,data display, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil faktor-faktor internal yang menunjang perkembangan pengerajin kayu di jalan BKR kota Bandung. pada penelitian ini hanya terdiri dari tiga dimensi yaitu aspek sumber daya manusia,aspek keuangan,dan aspek teknis.Lalu didalamnya terdapat indikator yang menunjang perkembangan usaha yaitu : pengalaman berusaha, keterampilan, modal pribadi, tingkat keuntungan, ketersediaan bahan baku, dan ketersediaan peralatan.Dengan demikian para pelaku usaha disentra tersebut dapat melihat kompetensi internal mana yang harus diperkuat dan diperbaiki,agar sentra tersebut bisa berkembang lebih baik untuk kedepannya.

Kata kunci : Kewirausahaan , Faktor Internal , Perkembangan

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL KERAJINAN KAYU (Studi Kasus Pada Industri Kecil Pengerajin Kayu di Jalan BKR Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD RAFIF PRIJANTORO
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini