BOARD SIZE, OWNERSHIP DIFFUSION, GENDER DIVERSITY, MEDIA EXPOSURE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

LUSIA REVIKA SEPTIANINGSIH

Informasi Dasar

19.04.3977
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aktivitas operasi perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan akan berdampak pada lingkungan sekitar. Selain merusak lingkungan, masyarakat sekitar juga ikut terkena dampak yang diakibatkan oleh kelalaian perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility sangatlah penting bagi para pemangku kepentingan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen baik secara simultan maupun secara parsial. Dalam penelitian ini, digunakan variabel independen yaitu board size, ownership diffusion, gender diversity, dan media exposure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Total sampel yang didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah sebanyak 50 sampel, yang terdiri dari 10 perusahaan selama 5 tahun. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel menggunakan Eviews 9.0 dengan melakukan beberapa tahap pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa board size, ownership diffusion, gender diversity, dan media exposure berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial, variabel board size berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan menghasilkan arah yang negatif. Sedangkan, ownership diffusion, gender diversity, dan media exposure tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan menghasilkan arah yang negatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibiity. Kemudian, melihat hasil penelitian bahwa board size mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility. Dengan adanya ukuran dewan komisaris (board size) penulis menyarankan kepada perusahaan untuk meningkatkan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan serta pengungkapannya agar citra perusahaan dapat semakin baik terutama perusahaan indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

BOARD SIZE, OWNERSHIP DIFFUSION, GENDER DIVERSITY, MEDIA EXPOSURE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUSIA REVIKA SEPTIANINGSIH
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini