ANALISIS KESEHATAN PERBANKAN DENGAN METODE RISK BASED BANK RATING DAN BANKOMETER (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)

M. ICHSAN HIDAYAT

Informasi Dasar

19.05.130
658.15
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Bank Syariah di Indonesia mengalami peningkatan aset yang sangat signifikan sejak awal beroperasi pada tahun 2005. Bank Syariah mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim dan menjunjung tinggi azas kegiatan yang Islami. Karenanya Bank Syariah memiliki prospek yang cerah terutama di Indonesia, karena itu harus dijaga dari potensi kesulitan keuangan dan bisnis. Diperlukan prediksi system kesulitan keuangan dan tepat dan mudah digunakan. Bank Indonesia merekomendasikan sistem untuk model prediksi yang disebut Risk Based Bank Rating (RBBR) sementara IMF merekomendasikan sistem yang disebut Bankometer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model RBBR dan model Bankometer dapat digunakan untuk menentukan kesehatan keuangan bank syariah yang listing dan yang non listing di Indonesia Stock Exchange (IDX) Sampel penelitian ini adalah 11 Bank Syariah yang terdaftar di Indonesia yang mengumumkan laporan keuangan di situs web dari 2013 hingga 2017. Berdasarkan hasil penelitian baik dengan metode RBBR maupun Bankometer menunjukkan semua bank syariah dalam kondisi sehat. Walaupun sehat dengan metode RBBR didapatkan hasil lebih detail bahwa 5 parameter perbankan yaitu Non Performing Financing, Financing to Deposite Ratio, Good Corporate Governance, Net Interest Margin dan Capital Adequate Ratio dalam kondisi sehat, sedangkan 2 parameter yang lain dalam kondisi tidak sehat, yaitu Return On Asset dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional.

Subjek

FINANCE
 

Katalog

ANALISIS KESEHATAN PERBANKAN DENGAN METODE RISK BASED BANK RATING DAN BANKOMETER (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. ICHSAN HIDAYAT
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini