ANALISIS PERILAKU UKM DI INDONESIA DALAM MENGADOPSI CLOUD ACCOUNTING MENGGUNAKAN MODIFIKASI UTAUT2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2)

ENY WIDARYANTI

Informasi Dasar

19.05.111
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah memberikan berbagai solusi alternatif bagi banyak perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya misalnya dengan membangun model bisnis yang mengandalkan cloud computing. Diantara contoh penerapan cloud computing dalam bisnis adalah e-commerce dan Cloud Accounting atau pencatatan akuntansi/transaksi menggunakan cloud/internet sebagai medianya (online). Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia telah banyak yang go-online melalui e-commerce, akan tetapi masih banyak UKM yang belum menyadari pentingnya pencatatan keuangan dan pembukuan (akuntansi) yang dapat membantu mengetahui potensi pertumbuhan sekaligus sehat atau tidaknya perusahaan. Cloud Accounting dapat sangat bermanfaat bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) karena menawarkan teknologi yang efisien dan servis akuntansi dengan biaya yang lebih rendah. Kendatipun demikian, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan UKM di Indonesia dalam menggunakan Cloud Accounting belum dipahami secara baik. Beberapa studi terdahulu yang terkait dengan masalah adopsi Cloud Accounting ini tidak diperhatikan karena cakupan penelitian yang terbatas dan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan UKM dalam mengadopsi Cloud Accounting belum bisa dipastikan. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Berdasarkan hasil hasil wawancara pra survei terhadap 15 UKM di Indonesia dan literature review, diketahui bahwa model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) merupakan model yang paling sesuai untuk menerangkan kecenderungan konsumen dalam menggunakan suatu teknologi informasi dengan sedikit modifikasi model. Sehingga didapatkan model modifikasi UTAUT2 dengan menambahkan variabel independen Perceived of Security and Risk dan menghilangkan variabel Habit dan Hedonic Motivation. Variabel moderasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Age dan Scale of Business. Penelitian dilakukan menggunakan metode gabungan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilaksanakan melalui pra survei kepada 15 UKM di Indonesia guna mendapatkan model penelitian yang selaras dengan literatur review. Selanjutnya, peneliti melakukan pengumpulan data secara kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 106 UKM di Indonesia melalui email, jejaring sosial, dan penyebaran kuesioner secara langsung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan partial least square (PLS). Penelitian ini diharapkan dapat memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan UKM di Indonesia (Behavioral Intention) dalam mengadopsi Cloud Accounting. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Price value, dan Perceived of Security & Risk.

Kata Kunci : Cloud Computing, Cloud Accounting, UKM, Adopsi, UTAUT2

Subjek

I BUSINESS COMMUNICATION II MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERILAKU UKM DI INDONESIA DALAM MENGADOPSI CLOUD ACCOUNTING MENGGUNAKAN MODIFIKASI UTAUT2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENY WIDARYANTI
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini