FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MAHASISWA ASING MEMILIH INDONESIA SEBAGAI NEGARA TUJUAN PENDIDIKAN

INDAH FAJARWATI

Informasi Dasar

19.05.105
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pemerintah Indonesia mendorong proses internasionalisasi perguruan tinggi, salah satunya dengan mendorong peningkatan jumlah mahasiswa asing yang melaksanakan pendidikan di Indonesia (student inbound). Telah banyak program inisiatif untuk mendorong hal tersebut, baik ditujukan kepada calon mahasiswa langsung mapun kepada para pengelola Kantor Urusan Internasional dengan tujuan agar Indonesia dapat menjadi tujuan lokasi pendidikan oleh mahasiswa asing. Namun demikian, dilihat dari data students flow UNESCO pada tahun 2018, dapat disimpulkan bahwa Indonesia belum menjadi destinasi pendidikan popular untuk calon mahasiswa bahkan untuk di kawasan ASEAN, oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor yang mendorong mahasiswa asing memilih Indonesia sebagai lokasi pendidikan.

Adapun faktor-faktor yang akan diteliti yaitu : Country Environment dengan sub variabel persepsi tentang indonesia, kualitas akademik, lingkungan (iklim dan cuaca), program marketing, proses imigrasi, kesempatan belajar budaya / bahasa, institutional characteristic dengan sub variabel program yang ditawarkan, significant other yang mepengaruhi pemilihan negara, creative capital, program yang ditawarkan, significant other yang mepengaruhi pemilihan universitas, kualitas akademik universitas, bantuan keuangan / beasiswa, interaksi dengan dosen dan topik riset, lokasi universitas, dan city location dengan sub variabel keragaman, toleransi dan non diskriminasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 106 mahasiswa asing yang sedang menjalankan pendidikan di Indonesia. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik Analisa deskriptif dan dan teknik analisa faktor Principal Component Analysis (CPA) diikuti dengan rotasi varimax.

Bermula dari 20 faktor yang diadopsi, berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa yang dilakukan diketahui bahwa terdapat 2 faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa asing memilih Indonesia negara tujuab pendidikan, yaitu faktor akademik dan beasiswa serta geografis dan hubungan bilateral negara.

Kata kunci : internasionalisasi perguruan tinggi, mahasiswa asing, student mobility

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MAHASISWA ASING MEMILIH INDONESIA SEBAGAI NEGARA TUJUAN PENDIDIKAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDAH FAJARWATI
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini