DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI BUKU KOMUNIKASI DIGITAL ANTAR GURU DENGAN ORANG TUA SISWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT NATIVE (STUDI KASUS PLAYGROUP SEKOLAH BINEKAS)

RYAN SETIAGI

Informasi Dasar

19.06.480
006.22
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Komunikasi yang dibangun oleh orang tua siswa dan guru menjadi hal yang penting dalam tumbuh kembang siswa, terutama bagi siswa Taman Kanak-kanak. Binekas Playschool membuat sebuah buku bernama “Buku Komunikasi” sebagai media komunikasi antara orang tua siswa dengan guru. Buku Komunikasi berisi laporan dan tanggapan dari guru dan orang tua siswa mengenai kegiatan siswa di sekolah setiap hari. Selain sebagai sarana komunikasi, laporan dan tanggapan yang diisi pada buku komunikasi juga tersimpan untuk keperluan lain. Namun pihak sekolah berniat untuk mengurangi konsumsi kertas/buku yang digunakan untuk membuat Buku Komunikasi. Pada proyek akhir kali ini telah dibuat sebuah pengganti Buku Komunikasi berupa aplikasi mobile berbasis Android. Aplikasi yang dibangun memiliki fitur yang sama layaknya Buku Komunikasi dengan beberapa fitur pembantu tambahan. Aplikasi dibangun menggunakan React Native, sebuah framework untuk membuat aplikasi mobile Android dan iOS yang dikembangkan secara terbuka oleh Facebook. Aplikasi Buku Komunikasi yang telah dibuat, berdasarkan pengujian fungsionalitas aplikasi dapat berjalan dengan baik dan konsisten. Berdasarkan pengujian instalasi, Aplikasi Buku Komunikasi yang telah dibuat dapat diinstal pada smartphone Andorid dengan versi minimum Andorid Lollipop (5.0). Berdasarkan hasil kuesioner, responden menilai bahwa aplikasi buku komunikasi memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Responden juga termotivasi untuk menggunakan dan setuju bahwa Aplikasi Buku Komunikasi akan efektif jika diimplementasikan.

Kata kunci: Komunikasi, Sekolah, Orang Tua, Guru, Aplikasi Android, React Native

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI BUKU KOMUNIKASI DIGITAL ANTAR GURU DENGAN ORANG TUA SISWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT NATIVE (STUDI KASUS PLAYGROUP SEKOLAH BINEKAS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN SETIAGI
Perorangan
Yuyun Siti Rohmah, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1F3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini