Analisis Perhitungan Social Return On Investment (SROI) Untuk Mengukur Dampak Sosial, Lingkungan, dan Ekonomi pada Program Penggemukan Domba Nasional (Studi pada Santri dan Karyawan Pesantren Al-Ittifaq)

AYU BIANTI PRIBADI

Informasi Dasar

19.04.3781
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Sarana Jabar Ventura (SJV) adalah perusahaan modal ventura daerah pertama di Indonesia, yang didirikan dengan tujuan untuk membina pengusaha kecil melalui pembiayaan dan bimbingan manajemen. Kerjasama pembiayaan dilaksanakan berdasarkan prinsip saling memperkuat, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Selain pembiayaan bagi umkm, saat ini SJV sedang menjalankan suatu program yang diusung oleh Medco Foundation yaitu adalah Program Penggemukan Domba Nasional (Prodombas) dengan memberdayakan Pesantren untuk mengusung ekonomi kerakyatan, salah satunya adalah Pesantren Al-Ittifaq. PT Sarana Jabar Ventura dilihat dari tujuan utamanya, dapat diklasifikasikan sebagai Social Entrepreneur yang menjelaskan semua program ekonomi yang melayani misi sosial dan atau misi lingkungan hidup serta yang menginvestasikan ulang sebagian besar surplusnya dalam mendukung misinya (Kaswan dan Akhyadi, 2014), memberikan inovasi sosial bagaimana menyelesaikan masalah sosial dengan membuat terobosan pemecahan masalah sosial (Maulana Irfan, 2011) dengan munculnya Prodombas. Sehingga, menghasilkan suatu dampak yang disebut sebagai social impact sebagai efek dari apa yang organisasi lakukan atau tindakan organisasi terhadap kesejahteraan masyarakat (KWHS The Warton School, 2011). Salah satu alat untuk mengukur social impact tersebut adalah dengan menggunakan Social Return on Investment (SROI) the New Economics Foundation (NEF, 2008). Penelitian ini memiliki hasil akhir rasio dengan perbandingan Antara jumlah benefit yang terbentuk dengan jumlah investasi yang diberikan, dengan hasil 1,05 : 1 yang berarti setiap Rp. 1 yang diinvestasikan, menghasilkan nilai sosial berupa benefit sebesar Rp. 1,05 yang dirasakan oleh peserta program di Pesantren Al-ittifaq. Karena hasil rasio melebihi 1 : 1 yang merupakan ketentuan berhasilnya SROI, maka PT Sarana Jabar Ventura sebagai investor telah berhasil berperan sebagai agen pembaharu sosial karena telah memberikan social impact yang mendatangkan benefit bagi peserta di Pesantren Al-Ittifaq. Kata Kunci: Social Entrepreneur, Social Return on Investment (SROI)

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Perhitungan Social Return On Investment (SROI) Untuk Mengukur Dampak Sosial, Lingkungan, dan Ekonomi pada Program Penggemukan Domba Nasional (Studi pada Santri dan Karyawan Pesantren Al-Ittifaq)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU BIANTI PRIBADI
Perorangan
FAJAR SIDIQ ADI PRABOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini