Analisis Desain Berbasis Arsitektur Microservices dengan Representational State Transfer (REST) (Studi Kasus: Heartenly.Com)

KAUTSAR TISAMAWI

Informasi Dasar

19.04.3733
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Arsitektur monolitik mendesain sistem aplikasi hanya terdiri dari satu bagian besar dan berjalan pada satu computational instance [1]. Hal tersebut menyebabkan, proses meningkatkan atau memperbaiki sistem aplikasi harus secara menyuluruh sekecil apapun peningkatan yang dilakukan. Heartenly.com sebagai aplikasi pencari jodoh asal Indonesia, masih menggunakan arsitektur monolitik. Heartenly.com, membutuhkan arsitektur yang dapat melakukan peningkatan atau perbaikan sistem dapat dilakukan secara independen tanpa harus mematikan seluruh layanan. Untuk itu Heartenly.com perlu melakukan perubahan pada arsitekturnya, dari monolitik menjadi microservice. Proses perubahan tersebut melibatkan proses dekomposisi untuk memecah layanan-layanan yang ada pada Heartenly.com. Metode dekomposisi menggunakan prinsip Domain-driven Design (DDD) dipadukan dengan arsitektur Representational State Transfer (REST) untuk mengoptimalkan jalur komunikasi karena Heartenly.com berbasis web. Hasil dekomposisi diuji dengan metode Single Responsibility Principle (SRP) dan Common Closure Principle (CCP) adaptasi dari prinsip Object Oriented Programming (OOP). Dalam penilitian ini, hasil analisis membuktikan bahwa, microservice dapat melakukan peningkatan layanan dan deployment secara independen

Kata kunci : Microservice,dekomposisi,domain-driven design, REST

Subjek

SOFTWARE ARCHITECTURE
 

Katalog

Analisis Desain Berbasis Arsitektur Microservices dengan Representational State Transfer (REST) (Studi Kasus: Heartenly.Com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAUTSAR TISAMAWI
Perorangan
Dana Sulistiyo Kusumo, Shinta Yulia Puspitasar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini