IDENTIFIKASI SUARA TANGISAN BAYI MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM DENGAN KLASIFIKASI LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS

BANGUN SATRIA UTAMA

Informasi Dasar

19.04.3648
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suara tangisan bayi adalah suatu bentuk aktifitas dan keinginan seorang bayi untuk berkomunikasi dengan orang orang lain. Namun dalam penanganannya banyak yang salah mengartikan dari tangisan bayi tersebut. Akibatnya bayi tetap menangis dan tidak terpenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu sistem deteksi suara tangisan bayi dibuat untuk mempermudah seseorang mengetahui arti dari tangisan bayi.

Penelitian ini merancang sistem identifikasi suara tangisan bayi. Input sistem berupa suara tangisan bayi yang diperoleh dari database dunstan baby language dan perekaman suara tangisan bayi menggunakan smartphone. Sinyal suara tersebut di ekstraksi menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) dan Mel-Frequency Cepstral Coefficient (MFCC). Hasil ekstraksi ciri diklasifikasi menggunakan metode Linear Discriminant Analysis (LDA).

Jumlah data sebanyak 150 data latih dan 50 Data uji. Sistem dapat mengidentifikasi suara tangisan bayi kedalam 5 kelas yaitu tidak nyaman, lapar, masuk angin, sendawa dan mengantuk. Parameter terbaik yaitu jumlah koefisien MFCC 20, ukuran frame 256 data per frame, DWT pada level 1 dan Db 8. Hasil akurasi diperoleh 94 % dan waktu komputasi 1,5506 detik.

Subjek

Speech processing
 

Katalog

IDENTIFIKASI SUARA TANGISAN BAYI MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM DENGAN KLASIFIKASI LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BANGUN SATRIA UTAMA
Perorangan
Ledya Novamizanti, Anggunmeka Luhur Prasasti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini