DESAIN DAN IMPLEMENTASI QR-CODE BERBASIS ANDROID DENGAN METODE ERROR CORRECTION KODE BOSE, CHAUDHURI, HOCQUENGHEM (BCH) UNTUK SISTEM PRESENSI

AFIF PRIYAMBODO

Informasi Dasar

19.04.3606
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Presensi merupakan hal utama dalam kegiatan belajar-mengajar, karena menjadi bukti dari laporan pelaksanaan. Umumnya, presensi dilakukan secara manual yaitu siswa membubuhkan tanda tangan pada suatu kertas yang diedarkan. Tugas Akhir ini merancang dan mengimplementasi penggunaan teknologi QR-Code dalam sistem presensi berbasis android.

Sistem memiliki konfigurasi yang terdiri dari sistem encoder, sistem hardware, dan sistem decoder. Sistem encoder membahas proses encode data berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi QR-Code. Sistem menggunakan kode Bose, Chaudhuri, and Hocquenghem (BCH) sebagai error correction yang diprogram dengan aplikasi MATLAB. Sistem hardware terdiri dari perangkat android dan kartu pelajar yang tertanam QR-Code. Sistem decoder membahas proses deteksi QR-Code dengan aplikasi Smart Presence yang telah dibuat dengan program Android Studio.

Sistem diuji dengan pengujian black box, pengujian jarak deteksi, pengujian deteksi berdasarkan cahaya, dan pengkotoran terhadap kartu pelajar. Pengujian black box menunjukan baik tidaknya fungsionalitas dari setiap tampilan pada aplikasi Smart Presence. Pengujian jarak deteksi menghasilkan jarak minimum dan maksimum deteksi QR-Code. Pengujian berdasarkan cahaya dan pengkotoran kartu pelajar menghasilkan akurasi dan waktu komputasi. Parameter pengujian pada pengkotoran kartu pelajar terdiri dari uji kotor tinta, uji kotor lumpur, dan uji gesekan atau goresan. Pengujian kotor tinta dilakukan terhadap lima warna dengan tingkat pengujian ringan, sedang, dan berat. Total pengujian kotor tinta dilakukan terhadap 150 kartu pelajar. Pengujian kotor lumpur dan gesekan atau goresan memiliki tingkat uji ringan, sedang, dan berat. Total pengujian kotor lumpur dilakukan terhadap 30 kartu pelajar. Total pengujian gesekan atau goresan dilakukan terhadap 30 kartu pelajar. Hasil dari penelitian, deteksi QR-Code memiliki jarak minimal sebesar 3 cm dan jarak maksimal sebesar 45 cm dengan tingkat akurasi sebesar 98% dan rata-rata waktu komputasi sebesar 1,3 detik.

Kata Kunci: Presensi, QR-Code, Kode BCH, Smartphone, Bose Chaudhuri and Hocquenghem

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI QR-CODE BERBASIS ANDROID DENGAN METODE ERROR CORRECTION KODE BOSE, CHAUDHURI, HOCQUENGHEM (BCH) UNTUK SISTEM PRESENSI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFIF PRIYAMBODO
Perorangan
Koredianto Usman, Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • FEG3A3 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • FEG2A3 - TEKNIK DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini