E-hospital: Sistem Pengelolaan Pelayanan dan Penagihan untuk Pasien Rawat Jalan (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Soreang, Kabupaten Bandung)

NADIA RAHMI

Informasi Dasar

19.06.426
610.69
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung. Di rumah sakit, setiap tindakan yang dilakukan oleh dokter dan perawat menghasilkan biaya jasa pelayanan yang dibayarkan untuk dokter atau perawat yang bertugas. Proses akumulasi masih sulit dilakukan di rumah sakit karena sistem informasi yang digunakan belum mampu menghasilkan pembagian biaya jasa pelayanan tiap dokter maupun perawat, sehingga petugas kasir harus melakukan perhitungan biaya jasa pelayanan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Aplikasi ini dibuat untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD) dengan metode Software Development Life Cycle (SDLC) sampai tahap pengujian. Sistem ini diimplementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP Framework Codeigniter dan database MySQL. Aplikasi ini mampu mengelola pendaftaran dan pengelolaan data pasien, mampu menangani proses penagihan dan pencatatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar, mampu menangani proses akumulasi pendapatan harian, pembagian biaya jasa pelayanan per tenaga medik, serta mampu menampilkan laporan rekapitulasi klinik rawat jalan berupa laporan kunjungan per klinik, laporan kunjungan per cara bayar, laporan jumlah pasien yang ditangani per tenaga medik, dan laporan pendapatan.

Subjek

SERVICES
 

Katalog

E-hospital: Sistem Pengelolaan Pelayanan dan Penagihan untuk Pasien Rawat Jalan (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Soreang, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA RAHMI
Perorangan
Irna Yuniar , Asti Widayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini