Multi-Aspect Sentiment Analysis pada Jasa Layanan Transportasi Online Menggunakan Metode Maximum Entropy (Studi Kasus: Go-Jek dan Grab)

ANNISA OCTAVIANA SARI

Informasi Dasar

19.04.3458
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya pengguna internet di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis online seperti Go-Jek dan Grab oleh pelanggan. Sebagian pelanggan menyampaikan opini melalui media sosial Twitter. Opini dari pelanggan tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan evaluasi perusahaan. Namun banyaknya opini dari pelanggan membuat perusahaan sulit untuk mendefinisikan aspek kategori dari opini tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini melakukan analisis sentimen berbasis multi-aspect yang berpedoman pada Standar Internasional CSI dengan tujuh aspek yaitu availability, accessibility, information, time, customer service, comfort, dan safety yang ditujukan untuk membantu perusahaan dalam menentukan aspek yang memerlukan perhatian lebih. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka solusinya dengan melakukan analisis sentimen dengan menggunakan metode Maximum Entropy dan ekstraksi fitur N-Gram. Multi-aspect pada penelitian ini menghasilkan akurasi aspek availability sebesar 91.69%, accessibility sebesar 91.81%, information sebesar 88.49%, time sebesar 92.66%, customer service sebesar 89.29%, comfort sebesar 88.29%, dan safety sebesar 83.08%.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Multi-Aspect Sentiment Analysis pada Jasa Layanan Transportasi Online Menggunakan Metode Maximum Entropy (Studi Kasus: Go-Jek dan Grab)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA OCTAVIANA SARI
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini