Analisa Metode Pre-Processing Teks Paling Optimal untuk Analisis Sentimen pada Media Sosial Twitter ( Case : Produk Iphone )

FERO RESYANTO

Informasi Dasar

19.04.3438
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Preprocessing merupakan tahapan awal dalam mengolah data input yang belum terstruktur menjadi data yang terstruktur sebelum dilakukan proses utama seperti klasifikasi ataupun analisis sentimen. Proses pre-processing merupakan salah satu proses yang penting pada kasus analisis sentimen. Pre-processing perlu dilakukan agar hasil analisis sentimen lebih akurat. Akan tetapi, pada beberapa penelitian, pemilihan metode pre-processing tidak diperhatikan sehingga hasil yang diperoleh kurang optimal. Pada penelitian ini dilakukan analisis penerapan pre-processing pada klasifikasi sentimen pada kasus opini produk yang diambil dari percakapan media sosial twitter dengan melakukan kombinasi 7 metode pre-processing. Metode yang digunakan yaitu casefolding, expressive lengthening, emoticons handling, removing URL, slang handling, punctuations handling, stopwords removal dan stemming. Hasil yang didapatkan yaitu kombinasi 5 metode yaitu yaitu Removal URL, Emoticon Handling, Case folding, Expressive Lengthening dan Stemming merupakan metode paling optimal dengan nilai akurasi 70.88%.

Subjek

Natural language processing
 

Katalog

Analisa Metode Pre-Processing Teks Paling Optimal untuk Analisis Sentimen pada Media Sosial Twitter ( Case : Produk Iphone )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERO RESYANTO
Perorangan
Yuliant Sibaroni, Ade Romadhony
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini