Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Persediaan Dengan Metode FIFO (Studi Kasus : Toko Oleh-oleh Bandung Chika Cemerlang, Bojongsoang, Kabupaten Bandung)

M RIZKI RIVALDI

Informasi Dasar

19.06.400
657.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Persediaan pada setiap perusahaan adalah tempat dimana terjadinya penyimpanan barang setelah melakukan pembelian dan barang siap untuk dijual, namun masih ada beberapa perusahaan yang mencatat persediaan masih manual atau tertulis. Bukti transaksi pembelian dari vendor dan struk pembelian bahan baku menggunakan kertas dan dicatat ke dalam buku tulis. Hal tersebut akan menyebabkan terbuangnya waktu hanya untuk mencatat pembelian. Demikian juga penjualan, masih menggunakan buku tulis. Untuk merekap data pembelian dan penjualan, harus menganalisis satu per satu transaksi dari pembelian dan penjualan, sehingga akan terjadi adanya beberapa transaksi yang akan terlewat. Perusahaan yang memiliki persediaan juga memerlukan kelayakan barang, yaitu memerhatikan tanggal kedaluwarsa. Perusahaan tidak akan pernah mengetahui bahwa ada beberapa persediaan barang yang akan mendekati tanggal kedaluwarsa. Pemilik juga mencatat data pegawai dengan menggunakan catatan manual. Dengan adanya aplikasi yang dapat mengintegrasikan semua fungsional dan dicatat otomatis ke dalam data transaksi. Toko Oleh – Oleh Chika Cemerlang dapat melakukan proses mencatat transaksi pembelian dari vendor dan bahan baku, mencatat transaksi penjualan, memerhatikan persediaan dengan kartu stok, mengelola persediaan bahan baku dan barang dan mengelola data pegawai dan vendor. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai tempat penyimpanan data, serta perancangan untuk membangun aplikasi menggunakan Unified Modeling Language dan Diagram Entitas Relasional Alasan membangun aplikasi ini adalah untuk memenuhi semua kebutuhan pengelolaan persediaan, kartu stok, dan laporan akuntansi. Untuk itu, perlunya aplikasi yang dapat mengintegrasi fungsional tersebut, transaksi dicatat secara otomatis, sehingga mudah untuk membuat jurnal, buku besar, dan laporan akuntansi secara efektif dan efisien. Kata Kunci: Persediaan, transaksi, aplikasi

Subjek

ACCOUNTING FOR HOTELS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Persediaan Dengan Metode FIFO (Studi Kasus : Toko Oleh-oleh Bandung Chika Cemerlang, Bojongsoang, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M RIZKI RIVALDI
Perorangan
Kastaman, Raswyshnoe Boing Kotjoprayudi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini