Aplikasi Berbasis Web Pengelolaan Kas Masuk dan Kas Keluar Basis Akrual (Studi Kasus: UPT Puskesmas Kujangsari, Bandung)

NOVIE YANTI NURSOLIHAH

Informasi Dasar

19.06.395
657.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat kesehatan masyarakat atau dikenal dengan Puskesmas adalah unit organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan. UPT Puskesmas Kujangsari ini melakukan pengelolaan transaksi kas masuk dan kas keluar secara manual kemudian dijurnal pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Aplikasi yang digunakan tidak menghasilkan laporan arus kas, sehingga laporan arus kas harus dibuat secara manual. Akibat dari pencatatan transaksi dan pembuatan laporan secara manual tidak rapi, sehingga menyebabkan sulitnya dalam melakukan pencarian data, kesalahan dalam memasukan jumlah nominal dan data bisa saja hilang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun aplikasi berbasis web pengelolaan kas masuk dan kas keluar berbasis akrual. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan metode berorientasi objek dan pengembangan model System Development Life Cycle (SDLC) serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework CodeIgniter. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas untuk mengelola transaksi kas masuk, transaksi kas keluar dan dapat menghasilkan jurnal, buku besar, laporan realisasi anggaran serta laporan arus kas. Fungsionalitas berjalan 100% setelah diujikan dengan black box testing dan perbandingan data manual berhasil diimplementasikan sesuai dengan luaran aplikasi. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu mengelola transaksi dan menghasilkan laporan yang dibutuhkan dalam organisasi. Kata Kunci: Laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, MySQL, Framework CodeIgniter.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Pengelolaan Kas Masuk dan Kas Keluar Basis Akrual (Studi Kasus: UPT Puskesmas Kujangsari, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIE YANTI NURSOLIHAH
Perorangan
Magdalena Karismariyanti, Junaedi Abdillah
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini