FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017)

ARINI JEMBAR RAHAYU

Informasi Dasar

19.04.3415
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini laporan perusahaan tidak lagi hanya dalam aspek ekonomi saja tetapi juga memperhatikan aspek sosial. Adanya regulasi dari pemerintah dan permintaan dari para investor kepada perusahaan untuk mengungkapkan laporan keberlanjutannya mendorong perusahaan untuk mulai memperhatikan laporan keberlanjutan perusahaannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, tata kelola perusahaan terhadap laporan keberlanjutan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan laporan keberlanjutan web site masing-masing perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan dengan periode penelitian selama 2 tahun, sehingga diperoleh 31 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 9.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, tata kelola perusahaan berpengaruh signifikan terhadap laporan keberlanjutan. Secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap laporan keberlanjutan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap laporan keberlanjutan. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap laporan keberlanjutan. Tata kelola perusahaan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap laporan keberlanjutan.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai faktor yang harus diperhatikan dalam pengungkapan laporan keberlanjutan. Serta diharapkan dapat memberikan gambaran umum kepada masyarakat ataupun investor mengenai pengungkapan laporan keberlanjutan agar masyarakat dan investor ikut berkontribusi dalam meningkatkan pelaksanaan pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINI JEMBAR RAHAYU
Perorangan
CAHYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini