Aplikasi Penyusun Laporan Realisasi Anggaran Dengan Metode Basis Kas (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika, Kabupaten Ketapang)

SARMANHADI RAMADHAN

Informasi Dasar

19.06.391
657.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang merupakan salah satu satuan kerja perangkat dinas dilingkup pemerintah daerah Kabupaten Ketapang. Dinas Kominfo bertugas untuk membantu pemerintah daerah dalam penyelenggaran urusan di bidang komunikasi dan informatika. Untuk pelaksanaan tanggung jawabnya, dinas kominfo pastinya memerlukan pembiyaan. Untuk pembiayaan tersebut harus dilakukan pencatatan dan pelaporan keuangan. Dalam implementasi pencatatan dan pelaporan keuangan masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel dan buku jurnal manual. Aplikasi ini dibangun untuk membantu melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan pemerintah daerah dengan metode basis kas terutama di Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Apliksi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework CodeIgniter (CI). Untuk mengatasi permasalahan, aplikasi ini memiliki fungsionalitas antara lain mencatat program dan kegiatan, pembuatan rencana kerja dan anggaran, mencatat pendapatan dan belanja, perubahan rencana kerja dan anggaran, menampilkan catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar, dan laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Apliksai ini sebelum diimplementasikan secara langsung, maka harus dilakukan pengujian. Untuk pengujian yang digunakan adalah pengujian Black Box Testing. Metode pengerjaan perangkat lunak menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC).

Kata Kunci: Laporan Realisasi Anggaran, Basis Kas, Satuan Kerja Perangkat Daerah

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Penyusun Laporan Realisasi Anggaran Dengan Metode Basis Kas (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika, Kabupaten Ketapang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARMANHADI RAMADHAN
Perorangan
Magdalena Karismariyanti, Fitri Sukmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini