ANALISIS DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

AINI DINAN UMAROH

Informasi Dasar

19.04.3353
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mengimbangi antara modal pemilik dengan utang yang berasal dari eksternal perusahaan. Dan dengan itu perusahaan akan dapat menjaga eksistensinya di mata public dan investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan tingkat likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 44 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software E-views 9. Struktur modal memiliki rata-rata lebih besar daripada standar deviasi sehingga diartikan struktur modal tidak bervariasi atau berkelompok. Struktur aktiva memiliki nilai rata-rata lebih besar daripada standar deviasi sehingga dapat diartikan struktur aktiva tidak bervariasi atau berkelompok. Pertumbuhan penjualan memiliki nilai rata-rata lebih kecil dari standar deviasi sehingga diartikan pertumbuhan penjualan bervariasi atau tidak berkelompok. Ukuran perusahaan memiliki nilai rata-rata lebih besar dari standar deviasi sehingga diartikan ukuran perusahaan bervariasi atau berkelompok. Tingkat likuiditas memiliki nilai rata-rata lebih kecil dari standar deviasi sehingga dapat data tingkat likuiditas bervariasi atau tidak berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan struktur aktiva (SA), pertumbuhan penjualan (SG), ukuran perusahaan (SIZE), dan tingkat likuiditas (CR) terhadap struktur modal berpengaruh signifikan terhadap struktur modal (DER). Secara parsial, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan, struktur aktiva dan tingkat likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AINI DINAN UMAROH
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini