DETEKSI DINI KANKER KULIT KARSINOMA SEL BASAL SUPERFISIAL DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAKSI CIRI ABCD FEATURE BERBASIS ANDROID.

DEVA RATNASARI

Informasi Dasar

19.04.3245
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Karsinoma Sel Basal (KSB) adalah penyakit kanker kulit yang mematikan dan menjadi salah satu penyakit yang paling banyak di derita. Penyakit ini umumnya terjadi di daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah dan leher. Untuk itu dibutuhkan langkah yang tepat dalam penanganannya. Tujuan merancang aplikasi ini untuk mendeteksi penyakit kanker kulit Karsinoma Sel basal pada perangkat berbasis android. Pengerjaan tugas akhir ini, penulis membahas cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan fitur ekstrasi ciri ABCD Feature yang di awali dengan proses pengambilan citra setelah citra di proses menggunakan ekstrasi ciri ABCD Feature dan K-Nearest Neighbor (KNN) sebagai klasifikasi. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat, dimana dapat digunakan oleh masyarakat dan dapat mengetahui apakah terdeteksi atau tidaknya penyakit KSB. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, hasil keakuratan ekstraksi ciri mendapatkan akurasi senilai 91%. Keyword : KSB, ABCD Feature, KNN

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

DETEKSI DINI KANKER KULIT KARSINOMA SEL BASAL SUPERFISIAL DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAKSI CIRI ABCD FEATURE BERBASIS ANDROID.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVA RATNASARI
Perorangan
Budhi Irawan, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CEG4L3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini