DETEKSI POTENSI KANKER KULIT LENTIGO MALIGNA MELANOMA DAN NODULAR MELANOMA DENGAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE VARIABLE-CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM(VCIRS)

HERFI FANI MARTIANO

Informasi Dasar

19.04.3233
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Melanoma adalah salah satu penyakit kanker kulit yang menyerang sel melanosit yang memproduksi pigmen pembentuk warna kulit. Melanoma yang akan di bahas dalam tugas akhir ini adalah Lentigo Maligna Melanoma & Nodular Melanoma yang dideteksi berdasarkan Solar Lentigines(Flek hitam) dan nevus melanositik, penyakit ini sangat jarang diketahui gejalanya oleh masyarakat oleh karenanya di buatlah pengolahan citra dan sistem pakar untuk membantu masyarakat untuk mendiagnosa gejala awal dari penyakit ini. Sistem pakar yang di gunakan dalam tugas akhir ini adalah Variable-Centered Intelligent Rule System (VCIRS). VCIRS merupakan penggabungan dari metode RBS dan RDR yang dengan kelebihannya masing-masing saling melengkapi satu sama lainnya. Hasil akhir dari pengolahan citra dan sistem pakar ini adalah untuk memberikan informasi terkait penyakit kepada pengguna dan diharapkan dapat membantu pengguna dalam mendiagnosa apakah terkena penyakit Lentigo Maligna Melanoma atau Nodular Melanoma atau tidak. Sistem ini bekerja pada aplikasi berbasis android, memiliki aspek usability (learnability, efficiency, memorability, errors, satisfaction) dengan persentase rata-rata sebesar 84,826% dan akurasi yang diperoleh dari sistem pakar adalah sebesar 100%.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

DETEKSI POTENSI KANKER KULIT LENTIGO MALIGNA MELANOMA DAN NODULAR MELANOMA DENGAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE VARIABLE-CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM(VCIRS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERFI FANI MARTIANO
Perorangan
Tito Waluyo Purboyo, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG4D3 - INTERAKSI MESIN MANUSIA
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH3I3 - KECERDASAN BUATAN B
  • CEH2C3 - LOGIKA MATEMATIKA B
  • MUG2D3 - PROBABILITAS DAN STATISTIKA
  • CEG4L3 - SISTEM MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini