DETEKSI POTENSI NODULAR MELANOMA PADA CITRA NEVUS MELANOSITIK MENGGUNAKAN ABCD (ASYMMETRY, BORDER IRREGULARITY, COLORS, DIAMETER)

MUHAMMAD ALHAKIM

Informasi Dasar

19.04.3226
006.37
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nodular melanoma adalah jenis kanker kulit yang langka dengan karakteristik bentuk asimetris, batas iregularitas, tidak homogen atau memiliki beberapa variasi warna dan diameter lebih dari 6 milimeter. Nodular melanoma menyebabkan nyeri hebat dan perdarahan bahkan menyebabkan kematian pada beberapa kasus. Nodular melanoma dapat dideteksi dari penyebaran nevus melanositik ke seluruh tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi nodular melanoma nevus melanositik dengan memanfaatkan sistem android untuk mempermudah pengguna dengan menggunakan alat tunggal portabel dalam mendeteksi kanker. Aplikasi ini menggunakan fitur pemrosesan dan ekstraksi gambar dari metode ABCD untuk memproses gambar menjadi diagnosis potensi kanker. Metode ABCD adalah metode medis yang digunakan untuk mendeteksi kemungkinan kanker menggunakan 4 parameter termasuk bentuk asimetris, penyimpangan batas, warna dan diameter. Data diperoleh dari hasil tes pemotretan kamera smartphone berbasis android dan disajikan dalam tabel dan dijelaskan secara informatif. Aplikasi ini akan menghasilkan diagnosis kepada pengguna. Hasilnya adalah bahwa keakuratan aplikasi ini adalah 97,5%.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

DETEKSI POTENSI NODULAR MELANOMA PADA CITRA NEVUS MELANOSITIK MENGGUNAKAN ABCD (ASYMMETRY, BORDER IRREGULARITY, COLORS, DIAMETER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ALHAKIM
Perorangan
Tito Waluyo Purboyo, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH3I3 - KECERDASAN BUATAN B
  • CEG2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  • CEG4L3 - SISTEM MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini