Aplikasi Penentuan Biaya Pelayanan Jasa dengan Mempertimbangkan Perilaku Biaya (Studi Kasus di PT Neuronworks Indonesia, Bandung)

MUHAMAD IKRAM ZASBITA

Informasi Dasar

19.06.355
657.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada saat ini penggunaan SIA masih sangat minim diterapkan pada perusahaan atau instansi lainnya. Perusahaan masih melakukan proses akuntansi secara manual dan tidak berdasarkan pada teori akuntansi. Penelitian dalam bidang ini difokuskan dalam pembuatan sistem untuk membantu pengguna dalam menghitung biaya dalam proses pembuatan piranti lunak pada software house dengan menggunakan metode variable costing. Pengumpulan data untuk menunjang penilitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan dengan mengajukan 14 pertanyaan kepada pegawai yang terlibat langsung dalam produksi piranti lunak. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui proses bisnis dalam produksi piranti lunak. Berdasarkan data tersebut maka dibuatlah sistem untuk menghitung biaya dalam proses pembuatan piranti lunak. Sistem ini memiliki fungsionalitas untuk menentukan tarif pelayanan jasa dengan mempertimbangkan perilaku biaya dan mengklasifikan biaya dan perilaku biaya. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, Framework CodeIgniter, dan server basis data MySQL. Sistem ini memiliki 5 pengguna dengan masing-masing memiliki hak akses yang berbeda. Admin web memiliki hak akses untuk membuat akun untuk setiap pengguna sistem. Untuk dapat masuk pada sistem pengguna harus memiliki username dan password yang telah dibuat oleh admin web. Bagian pemasaran memiliki hak akses untuk mengelola master data client. Selain itu, bagian pemasaran juga dapat memasukkan pesanan client dan memasukkan pembayaran client. Bagian produksi jasa memiliki hak akses untuk mengelola master data perangkat, pekerjaan, biaya operasional, dan produk jasa serta pengelolaan produksi jasa. Bagian keuangan memiliki hak akses untuk mengelola master data chart of account dan mengelola laporan. Pemilik memiliki hak akses untuk melihat laporan yang sudah dibuat. Hasil dari sistem ini dapat berupa laporan laba rugi dengan metode variable costing, laporan harga pokok produksi, kartu biaya pesanan per layanan, jurnal umum, dan buku besar. Selain itu, sistem ini dapat menampilkan grafik pendapatan pada periode tertentu. Kata Kunci: Metode Variable Costing, software house, penentuan nilai jual piranti lunak

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Aplikasi Penentuan Biaya Pelayanan Jasa dengan Mempertimbangkan Perilaku Biaya (Studi Kasus di PT Neuronworks Indonesia, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD IKRAM ZASBITA
Perorangan
Asti Widayanti, Kastaman
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini