DETEKSI ANEMIA MELALUI CITRA SEL DARAH MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

ANDI ADE YUSTIKA

Informasi Dasar

19.04.2972
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sel darah merah merupakan komponen mendasar pada tubuh manusia yang berfungsi mengikat oksigen untuk oksidasi jaringan-jaringan tubuh. Tingkat sel darah merah yang tidak normal menjadi pertanda penyakit anemia. Proses deteksi penyakit anemia ini dapat dilakukan secara manual dengan memeriksa sampel darah menggunakan mikroskop di rumah sakit. Namun, metode ini mempunyai kelemahan yaitu bergantungan pada ketelitian dokter dan petugas laboratorium yang dipengaruhi oleh kondisi dan keterbatasan alat, sehingga membuat akurasi dari hasil diagnosa kurang maksimal. Pada tugas akhir ini telah dibuat sistem untuk membantu mendeteksi anemia melalui citra sel darah merah. Secara garis besar, deteksi anemia yang dilakukan oleh sistem ini melalui empat tahapan yaitu akuisisi citra, pre-prosessing dimana dilakukan cropping manual, resize citra, dan konversi RGB to Greyscale, selanjutnya proses ekstraksi ciri menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) dan klasi?kasi Support Vector Machine (SVM). Hasil dari proses ekstraksi ciri DWT akan menjadi masukan pada proses klasi?kasi SVM. Performansi sistem ini dianalisis berdasarkan parameter akurasi dan waktu komputasi. Dengan menggunakan metode DWT dan SVM didapatkan akurasi tertinggi dalam sistem yaitu sebesar 96,6667% dengan waktu komputasi 0,0113s.

Subjek

Engineering - signal processing
 

Katalog

DETEKSI ANEMIA MELALUI CITRA SEL DARAH MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI ADE YUSTIKA
Perorangan
EFRI SUHARTONO, RISSA RAHMANIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini