EFEKTIVITAS ALUR KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA DI KAWASAN LEMBANG DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN 2019 (STUDI KASUS: GRAFIKA CIKOLE, FLOATING MARKET, DAN ORCHID FOREST)

ABD.FADHIL

Informasi Dasar

19.06.311
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kawasan Lembang merupakan kawasan yang memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata di Kawasan Lembang dapat menyebabkan pengalaman berwisata kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menaganalisis efektivitas alur kunjungan wistawan pada destinasi wisata dikawasan Lembang sehingga dapat dirumuskan program yang tepat dalam pengelolaan alur kunjungan wisatawan di Kawasan Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan unit analisis dari variabel dan indikator pengelolaan pengunjung destinasi wisata. Metode pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi dan wawancara, sementara itu pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara desk study. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama di daya tarik wisata yang terdiri dari kegiatan outbond, kegiatan edukasi, dan kegiatan wahana. Penerapan visitor management di Grafika Cikole, Floating Market, dan Orchid Forest dilihat dari adanya biaya masuk yang dikenakan kepada wisatawan, adanya kebijakan dari pengelola yang mengatur perilaku wisatawan selama berwisata, serta adanya pemusatan aktivitas yang dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mengunjungi kegiatan wisata berikutnya. Namun penerapan ini belum maksimal dikarenakan belum adanya penyebaran aktivitas wisata untuk menghindari penumpukan wisatawan pada salah satu area kegiatan, sementara pada area lain minim pengunjung. Selanjutnya diketahui efektivitas alur kunjungan wisatawan pada daya tarik wisata Grafika Cikole, Floating Market, dan Orchid Forest dalam mendukung pariwisata berkelanjutan dapat dikatakan belum efektif dilihat dari dua aspek yaitu manajemen selaku pengelola daya tarik wisata dan wisatawan selaku penikmat daya tarik wisata. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat masukan bagi pengelola akan perlunya penyebaran aktivitas wisata agar wisatawan yang berwisata dapat tersebar secara merata di daya tarik wisata.

Kata Kunci: Efektivitas Alur Kunjungan Wisatawan, Destinasi Wisata, Pariwisata Berkelanjutan

Subjek

TOURISM
 

Katalog

EFEKTIVITAS ALUR KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA DI KAWASAN LEMBANG DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN 2019 (STUDI KASUS: GRAFIKA CIKOLE, FLOATING MARKET, DAN ORCHID FOREST)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABD.FADHIL
Perorangan
Ersy Ervina, Edwin Baharta
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DHG1A2 - PENGANTAR ILMU PARIWISATA
  • DHH3G4 - PROYEK AKHIR
  • VHI3A4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini