Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Pada Perpustakaan Digital (Studi Kasus Pada Open Library Telkom University)

REYNALDI SAPUTRA

Informasi Dasar

19.04.2651
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Open library merupakan sebuah platform knowledge management yang berada dibawah Universitas Telkom, dimana Open library ini memiliki prinsip untuk berperan aktif dalam mengakuisisi pengetahuan, mengelola pengetahuan, dan berbagi pengetahuan. Dengan melihat pertumbuhan perpustakaan digital yang meningkat di setiap Universitas di Indonesia, serta melihat fenomena yang masih belum terikatnya (loyal) pengguna pada Open library. Penelitian ini menggunakan model TAM dan menggunakan variabel DL’s affinity (perceiced importance), user satisfication, user loyalty. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel perceived ease of use, DLs’ affinity terhadap perceived usefulness, serta variabel perceived usefulness terhadap user satisfication dan user satisfication terhadap user loyalty pada pengguna open library Universitas Telkom. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada mahasiswa Universitas Telkom sebagai pengguna utama dengan 200 responden. Penelitian ini menggunkan metode non- probability sampling dengan tipe convenience sampling. Penelitian ini menggunakan model persamaan structural (SEM) serta manggunakan skala ordinal dengan 15 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan variabel perceived ease of use dan DL’s affinity signifikan terhadap perceived usefulness, perceived usefulness signifikan terhadap user satisfication, serta user satisfication terhadap user loyalty, dan perceived ease of use dan DL’s affinity berpengaruh langusng terhadap user loyalty, dan DL’s affinity berpengaruh terhadap user satisfication. Adapun variabel perceived ease of use secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap user satisfication.

Kata Kunci: TAM, Perceived ease of use, Perceived usefulness, DL’ss affinity, User satisfication, User loyalty.

Subjek

BUSINESS INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Pada Perpustakaan Digital (Studi Kasus Pada Open Library Telkom University)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REYNALDI SAPUTRA
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini