ANALISIS PERAN SMART CITY TERHADAP PENGEMBANGAN KOMUNITAS ( Studi Kasus Penerapan Smart Community di Bandung Creative Hub)

NATALIA CELESTE

Informasi Dasar

19.04.2622
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia diperlukan bantuan dalam peran pemerintah agar dinilai sangat potensial untuk menggerakkan roda perekonomian domestik pada tahun-tahun mendatang. Bandung Creative Hub sebagai salah satu pusat kreatif kota Bandung Interior Design mencerminkan gaya kreativitas yang sesuai dengan sub sector ekonomi kreatif. Berdirinya Bandung Creative Hub tak lepas dari faktor support system yang diberikan pemerintah untuk komunitas ekonomi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran stakeholder engagement bagi pengembangan komunitas dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan mengetahui lebih dalam pengaruh pengunaan peran support system terhadap komunitas kreatif dalam menggunakan fasilitas Bandung Creative Hub. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan penyajian secara deskripitif eksploratif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala UPT Bandung Creative Hub, Koordinasi Kegiatan Komunitas dan empat Kepala Sub sector ekonomi kreatif. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui stakeholder engagement terhadap komunitas di Bandung Creative Hub memberikan pengaruh untuk pengembangan komunitas pada variabel ini terdapat banyak stakeholder yang terlibat dalam pengembangan komunitas dimana masing-masing stakeholder memiliki peran yang berbeda untuk mengembangkan industri kreatif di kota Bandung, dengan adanya keterlibatan stakeholder yang terkait untuk mengembangkan komunitas dan adanya pemberdayaan sumber daya dilakukan oleh stakeholder. Pada variabel support system , hasil dari penelitian menemukan bahwa kontribusi sistem pendukung yaitu Adminstrative support , Secretarial support dan Facilities Support mempengaruhi perkembangan industri kreatif di kota Bandung, sedangkan Business Expertise tidak mempengaruhi perkembangan komunitas kreatif di kota Bandung. Kata kunci: Smart ciy, stakeholders, support system.

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

ANALISIS PERAN SMART CITY TERHADAP PENGEMBANGAN KOMUNITAS ( Studi Kasus Penerapan Smart Community di Bandung Creative Hub)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NATALIA CELESTE
Perorangan
GRISNA ANGGADWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini