ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA ASTRA DAIHATSU LAMPUNG (Studi kasus PT Astra Daihatsu Lampung)

FRIAJI RAKA MAHESA

Informasi Dasar

19.04.2607
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan bisnis di bidang otomotif yang semakin ketat membuat PT. Astra Daihatsu Motor yang merupakan Agen Tunggal Pemegang merk (ATPM) mobil Daihatsu di Indonesia membuka unit sales dan operationnya di tiap provinsi di Indonesia, seperti Astra Daihatsu Lampung sebagai contohnya. Untuk mendapatkan pelanggan dan market-share yang baik di pasar industri otomotif, Astra Daihatsu Lampung diharuskan untuk memiliki competitive advantage (keunggulan kompetitif) yang mendukung strategi bisnis yang dijalankan.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi bisnis yang dijalankan oleh Astra Daihatsu Lampung dengan melihat dari competitive advantage (keunggulan kompetitif) yang dimiliki dealer, dimana competitive advantage dibagi dalam tiga kelompok yaitu cost advantage, differentiation advantage dan marketing advantage. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan melakukan wawancara terstruktur pada pihak internal dan pihak eksternal Astra Daihatsu Lampung untuk mendapatkan sumber data. Metode dalam pengolahan data menggunakan tools competitive position index dimana akan dapat menggambarkan bagaimana competitive advantage yang dimiliki Astra Daihatsu Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa competitive advantage (keunggulan kompetitif) yang dimiliki Astra Daihatsu Lampung berada pada diantara somewhat ahead dan considerably ahead dalam nilai keunggulan bersaing yang dimiliki. Artinya Astra Daihatsu Lampung dapat mempertahankan competitive advantage yang telah dimiliki dan juga dapat meningkatkan competitive advantage tersebut .

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Competitive Advantage, Dealer Mobil, Industri Otomotif

Subjek

STRATEGIC MARKETING
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE PADA ASTRA DAIHATSU LAMPUNG (Studi kasus PT Astra Daihatsu Lampung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRIAJI RAKA MAHESA
Perorangan
RISRIS RISMAYANI, HA. ROMADHON
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini