Komunikasi Interpersonal Youtuber Video Parodi dengan Subscriber di Bandung (Studi Kasus pada Pembuatan Video Tutorial Meet and Greet)

RAHMA NABILLA

Informasi Dasar

19.04.2414
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembuat video atau yang biasa disebut pula content creator khususnya video di YouTube saat ini jumlahnya tidak terhitung. Content creator atau yang kerap kali dipanggil youtuber ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan beragam konten yang dihasilkan. Dari banyaknya kategori channel yang dibuat oleh YouTube, ada banyak pula turunan jenis-jenis video yang dihasilkan oleh para content creator, salah satu jenis videonya adalah video parodi musik. Salah satu youtuber yang mencapai kepopuleran berkat karya video parodi adalah Kery Astina. Youtuber asal Kota Bandung ini memiliki keunikan dalam proses produksi videonya. Kery melibatkan subscriber YouTube channelnya sebagai talent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi, pendekatan hubungan interpersonal, dan bagaimana youtuber dan subscriber memaknai proses komunikasi interpersonal yang terjadi pada saat proses produksi video parodi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi adalah pola komunikasi satu arah, dua arah atau timbal balik, dan multi arah. Selain itu pendekatan hubungan interpersonal yang terjadi sudah efektif. Kemudian youtuber dan subscribernya memaknai proses komunikasi interpersonal yang terjadi melalui lima langkah untuk menentukan makna hidup.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi, Pendekatan Hubungan Interpersonal, Makna Hidup

Subjek

Communication
 

Katalog

Komunikasi Interpersonal Youtuber Video Parodi dengan Subscriber di Bandung (Studi Kasus pada Pembuatan Video Tutorial Meet and Greet)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMA NABILLA
Perorangan
Asaas Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini