ANALISIS SENTIMEN PADA KUISIONER KEPUASAN TERHADAP LAYANAN DAN FASILITAS UNIVERSITAS DENGAN MENGGUNAKAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

IMAN NUR FAKHRI

Informasi Dasar

19.04.2402
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Perguruan tinggi sebagai sarana untuk proses memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara perlu melakukan adanya peningkatan mutu dan kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa. Kepuasan mahasiswa dianggap sebagai salah satu masalah utama perguruan tinggi yang harus dipecahkan agar terciptanya perguruan tinggi yang mampu menduduki peringkat nasional maupun internasional. Layanan yang berpengaruh cukup besar dalam hal ini adalah layanan akademik. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan berorientasi pada tenaga pendidik (dosen) sebagai pemberi jasa dan kualitas layanan dalam sarana dan prasarana kegiatan perkuliahan. Oleh sebab itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan fasilitas universitas. Penelitian dilakukan dengan pengklasifikasian menggunakan Support Vector Machine (SVM) dan pembobotan menggunakan Term Frequency – Invers Document Frequency (TF-IDF) serta performansi sistem diukur menggunakan Confusion Matrix. Hasil survei kepuasan mahasiswa di Universitas Telkom dari 10000 isian terdapat 67% sentimeen positif dan 33% sentimen negatif. Nilai akurasi tertinggi yang didapatkan pada sistem ini sebesar 70.39% dengan 10000 isian menggunakan kernel Linier.

Kata kunci : Layanan Universitas, Analisis Sentimen, Support Vector Machine (SVM), TF-IDF

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PADA KUISIONER KEPUASAN TERHADAP LAYANAN DAN FASILITAS UNIVERSITAS DENGAN MENGGUNAKAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMAN NUR FAKHRI
Perorangan
Jondri, Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CS4333 - DATA MINING
  • CIG4A3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini