Implementasi Minimum Redudancy Maksimum Relevance (MRMR) dan Genetic Algorithm (GA) untuk Reduksi Dimensi pada Klasifikasi Data Microarray Menggunakan Functional Link Neural Network (FLNN)

BISMA PRADANA

Informasi Dasar

19.04.2363
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam bidang kesehatan DNA microarray banyak digunakan untuk memprediksi penyakit kanker, dimana sel kanker dapat mengalami abnormalitas dalam mengekspresikan gennya. DNA microarray ini memungkinkan untuk mengetahui tahapan perkembangan sel kanker dengan melihat level ekspresi gennya. Analisis data ekspresi gen dalam bentuk microarray dapat memudahkan ahli medis dalam mendeteksi dan mendiagnosis apakah seseorang menderita kanker atau tidak. Data microarray sendiri memiliki dimensi yang besar sehingga dapat mempengaruhi proses dan akurasi klasifikasinya. Oleh karena itu, untuk melakukan proses pengklasifikasian pada data microarray, perlu dilakukan sebuah proses yaitu reduksi dimensi. Reduksi dimensi ini bertujuan agar mengurangi redudancy dan meningkatkan relevance pada data yang dimiliki. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode Minimum Redudancy Maksimum Relevance (MRMR) yang dioptimasi menggunakan metode Genetic Algorithm (GA). Secara singkat MRMR adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi himpunan gen yang memiliki relevansi tinggi terhadap atribut kelas akan tetapi memiliki redudansi yang rendah antar atributnya. MRMR berupaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan menghapus subset atribut yang dianggap tidak diperlukan. Kemudian algoritma Functional Link Neural Network (FLNN) dengan basis Legendre Polynomial digunakan untuk proses pengklasifikasian pada data microarray. Pada pengujian MRMR GA dengan klasifikasi Functional Link Neural Network (FLNN) didapatkan kenaikan hasil akurasi pada data Colon Tumor sebesar 5,55% - 16,66%, pada data Lung sebesar 2,78 - 5,56% dan pada data Ovarian sebesar 2% - 2,67%.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Implementasi Minimum Redudancy Maksimum Relevance (MRMR) dan Genetic Algorithm (GA) untuk Reduksi Dimensi pada Klasifikasi Data Microarray Menggunakan Functional Link Neural Network (FLNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BISMA PRADANA
Perorangan
Adiwijaya, Annisa Adistania
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini