FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada PT Paragon Technology and Innovation dan PT Parama Global Inspira Jakarta 2019)

PUTRI FERI SYA

Informasi Dasar

19.04.2313
657.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem informasi akuntansi saat ini sangat banyak digunakan dalam proses bisnis pada perekonomian Indonesia. Walaupun sudah menggunakan sistem, namun masih terdapat beberapa masalah dalam menghasilkan suatu laporan keuangannya sehingga berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Dalam penelitian ini variable independen adalah keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, kemampuan pengguna sistem informasi akuntansi, dukungan manajemen dan program pendidikan dan pelatihan pengguna sistem informasi akuntansi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja sistem informasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, kemampuan pengguna, dukungan manajemen dan program pendidikan dan pelatihan pengguna sistem terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 140 pengguna sistem informasi akuntansi (Odoo) pada PT Paragon Technology and Innovation dan PT Parama Global Inspira. Dengan menggunakan teknik sampling sensus diperoleh sampel sebanyak 114 pengguna Odoo pada PT Paragon Technology and Innovation dan PT Parama Global Inspira Jakarta 2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem, kemampuan pengguna, dukungan manajemen dan program pendidikan dan pelatihan pengguna sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Secara parsial keterlibatan pengguna dalam pengembangan dan dukungan manajemen tidak berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi akuntansi, sedangkan kemampuan pengguna dan program pelatihan pengguna sistem informasi akuntansi berpengaruh dengan arah positif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengembangan ilmu pengetahuan akuntansi pada era milemial saat ini. Dan juga diharapkan agar dapat dijadikan referensi untuk perusahaan agar dapat meningkatkan lagi kinerja sistem informasinya agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Kata kunci : Dukungan Manajemen, Kemampuan Pengguna, Keterlibatan Pengguna dalam Pengembangan, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi, Program Pendidikan dan Pelatihan, Sistem Informasi Akuntansi

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada PT Paragon Technology and Innovation dan PT Parama Global Inspira Jakarta 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI FERI SYA
Perorangan
SRI RAHAYU, DJUSNIMAR ZULTILISNA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini