Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

VINATY PERISHA PERMATASARI

Informasi Dasar

19.04.2298
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan didefinisikan sebagai nilai pasar, karena nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara maksimum apabila harga perusahaan saham meningkat. Semakin tinggi harga saham, maka semakin tinggi kemakmuran pemegang saham. Memaksimalkan nilai perusahaan sangat penting artinya bagi suatu perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yang merupakan tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan dan periode penelitian selama 5 tahun sehingga diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 40 data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi software Eviews 9.0. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini secara simultan menunjukkan mekanisme Good Corporate Governance berpengaruh secara signifikan terhadap Price to Book Value. Secara parsial kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap Price to Book Value, kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap Price to Book Value, dan komisaris Independen memiliki pengaruh positif terhadap Price to Book Value. Dalam hasil penelitian ini, diharapkan untuk peneliti selanjutnya menggunakan variabel independen maupun dependen selain variabel yang ada dipenelitian ini. Untuk perusahaan, diharapkan untuk meningkatkan nilai kepemilikan institusional agar nilai price to book value dapat meningkat. Untuk investor maupun calon investor, diharapkan untuk mengambil keputusan investasi pada perusahaan yang memiliki proporsi komisaris independen yang tinggi, karena nilai perusahaan akan meningkat sehingga return yang dihasilkan perusahaan akan tinggi.

Kata Kunci; Kepemilikan Manajerial; Kepemilikan Institusional; Komisaris Independen; Nilai Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VINATY PERISHA PERMATASARI
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini