ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN APLIKASI MYSMASH APPS MENGGUNAKAN INTEGRASI WEBQUAL DAN MODEL KANO (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SAMPAH DI KOTA BANDUNG)

FARID ARDIKA DASUM

Informasi Dasar

19.04.2163
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank Sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif untuk mendorong masyarakat agar ikut serta didalamnya. Bank sampah pertama kali diterapkan oleh komunitas kalangan masyarakat akan peduli sampah di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Perkembangan Bank Sampah mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehingga diperlukan adanya pengembangan mengenai system penjemputan sampah yang dilakukan oleh nasabah agar dapat melakukan transaksi pengelolaan sampah dengan efektif dan efesien. Aplikasi mySmash diterapkan dalam Teknologi Informasi berbasis mobile yang bertujuan untuk memberikan sumber informasi mengenai Bank Sampah yang berada di sekitar kalangan masyarakat serta jenis sampah anorganik yang dapat dijual ke Bank Sampah di seluruh Indonesia, termasuk Kota Bandung. Namun, dari sejumlah nasabah menggunakan aplikasi mySmash, hampir sekitar 70% nasabah tidak aktif dalam pengelolaan dan transaksi penjemputan sampah melalui aplikasi mySmash, sehingga perlu dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna terhadap penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi True Customer Needs berdasarkan Voice of Customer terhadap penggunaan aplikasi mySmash menggunakan integrasi Webqual dan Model Kano, sehingga dapat diketahui prioritas keutuhan pengguna untuk meningkatkan layanan aplikasi mySmash. Pada hasil penelitian ini terdapat 28 atribut kebutuhan pengguna dari layanan aplikasi mySmash dimana terdapat 17 atribut kebutuhan yang belum memenuhi harapan pengguna dan 11 atribut kebutuhan yang telah memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan hasil integrase Webqual dan Model Kano, didapatkan 17 True Customer Needs yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan berdasarkan urutan prioritas peningkatan terhadap penggunaan layanan aplikasi secara optimal serta untuk diidentifikasi dan diberikan rekomendasi. Kata Kunci : Bank Sampah, Aplikasi mySmash, Webqual, Model Kano, True Customer Needs.

Subjek

ENGINEERING-MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN APLIKASI MYSMASH APPS MENGGUNAKAN INTEGRASI WEBQUAL DAN MODEL KANO (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SAMPAH DI KOTA BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARID ARDIKA DASUM
Perorangan
Sari Wulandari, Bobby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FA3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEI3B2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini