Al-Maidah 51 : Satu Firman Beragam Penafsiran

M. Quraish Shihab

Informasi Dasar

19.01.1108
297.122
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)

Pada waktu yang belum lama berlalu, bangsa ini pernah gaduh oleh perdebatan seru yang nyaris melampaui batas menyangkut makna ayat 51 surah al-Maidah; sepenggal firman Tuhan yang mendadak jadi bahan perbincangan karena gesekan politik. Satu suasana politik yang kurang kondusif untuk membincangkan ayat tersebut dalam semangat ilmiah. * Dalam konteks penafsiran Al-Quran, seorang sangat sulit menghindari pengaruh kecenderungan, latar belakang pendidikan, perkembangan keilmuan, dan kondisi sosial-budaya, kendati ia berusaha tampil seobjektif mungkin. Karena itu, hanya dari satu ayat, sangat mungkin muncul beragam penafsiran dan perbedaan pandangan, baik antarulama pada masa lampau maupun—apalagi—antara ulama masa lampau dan ulama masa kini. Lebih-lebih, karena memang Al-Qur‘ân hammâlah lil wujûh. Al-Quran sendiri dapat menampung beragam makna.

Hal itu akan tampak jelas jika Anda melihat hasil penelusuran pandangan banyak penafsir menyangkut al-Maidah 51 sebagaimana dipaparkan dalam buku ini. Karya terbaru pakar tafsir kita, M. Quraish Shihab, ini menghidangkan pandangan empat puluh penafsir terkait al-Maidah 51, lalu mengulas dan menyimpulkan aneka hidangan pandangan tersebut dengan gaya khas Profesor Quraish.

Karya ini sengaja dihadirkan hari-hari ini ketika kegaduhan telah reda, ketika kondisi telah lebih jernih, sehingga diharapkan al-Maidah 51 dapat dibaca dengan pikiran tenang dan dikaji dengan semangat ilmiah agar permata dalam ayat ini dapat diraih. Selamat mengaji dan mengkaji.

Subjek

Islam - alquran
 

Katalog

Al-Maidah 51 : Satu Firman Beragam Penafsiran
978-602-7720-87-9
viii, 236p.: 20.5 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

M. Quraish Shihab
Perorangan
 
 

Penerbit

Lentera Hati
Tangerang
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini