ANALISIS PERBANDINGAN LIKUIDITAS DAN ABNORMAL RETURN ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017)

NADIA TRY WULANDARI

Informasi Dasar

19.04.2129
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemilihan saham untuk berinvestasi oleh investor semakin marak, tujuannya agar mendapatkan abnormal return. Meningkatnya minat pada produk pasar modal yaitu saham dapat dilihat melalui pertumbuhan jumlah investor di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya. Adanya informasi baru pada pasar modal akan mempengaruhi keputusan para investor, salah satu informasi yang tersedia ialah corporate action yaitu stock split. Dengan pemecahan saham, akan berdampak pada harga saham yang menjadi lebih rendah sehingga akan mudah dijangkau investor kecil yang berdampak pada saham yang menjadi lebih likuid. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai terdapat atau tidaknya likuiditas dan abnormal return. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah aksi korporasi yaitu stock split. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI), dan yahoo finance. Pada penelitian dipilih 20 perusahaan yang melakukan stock split pada tahun 2017 yang terdaftar di BEI dan menggunakan pendekatan event study dengan periode pengamatan 5 hari sebelum pengumuman, satu hari saat pengumuman dan 5 hari sesudah pengumuman stock split. Kemudian, penelitian ini menggunakan cara paired t-test sampling. Hasil pengujian data menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan rata-rata likuiditas saham dan abnormal return sebelum dan sesudah stock split. Dengan demikian, sebaiknya investor memperhatikan kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan seperti stock split, karena terdapat kemungkinan akan muncul likuiditas dan abnormal return yang signifikan.

Subjek

Stock - investment
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN LIKUIDITAS DAN ABNORMAL RETURN ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA TRY WULANDARI
Perorangan
ANDRIETA SHINTIA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen ( Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini