Auditor Switching: Faktor Auditor dan Auditee

CINDANA FITRYA WIBOWO

Informasi Dasar

19.04.2122
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Auditor switching adalah pergantian auditor yang dapat terjadi secara mandatory (wajib) dan juga voluntary (sukarela). Auditor switching secara mandatory terjadi karena adanya peraturan ataupun regulasi yang mewajibkan perusahaan untuk melakukan auditor switching, seperti yang ada pada Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2015 pasal 11 yang telah mengatur tentang pergantian auditor. Perusahaan yang melakukan auditor switching tanpa adanya peraturan yang mewajibkan disebut dengan auditor switching secara voluntary (sukarela). Auditor switching dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan faktor tersebut dapat berasal dari auditor maupun auditee.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara ukuran KAP, opini audit, audit fee, ukuran perusahaan klien, dan financial distress terhadap auditor switching pada perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitaitif. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 165 data sampel penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.

Berdasarkan hasil penelitian, variabel ukuran KAP, opini audit, audit fee, ukuran perusahaan klien, dan financal distress berpengaruh secara simultan terhadap auditor switching. Secara parsial, variabel ukuran KAP berpengaruh dengan arah positif terhadap auditor switching. Ukuran perusahaan klien dan financial distress berpengaruh dengan arah negatif terhadap auditor switching. Sedangkan opini audit dan audit fee tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching.

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan periode penelitian dan dapat menggunakan objek penelitian yang berbeda. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pengembangan berkelanjutan. Bagi investor, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk pengambilan keputusan dalam berinvestasi.

Kata Kunci: Auditor Switching, Ukuran KAP, Opini Audit, Audit Fee, Ukuran Perusahaan Klien, Financial Distress

Subjek

AUDITING
 

Katalog

Auditor Switching: Faktor Auditor dan Auditee
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINDANA FITRYA WIBOWO
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini