Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Hasil Kerja Petahana Dalam Kaitan Dengan Pemilihan Presiden tahun 2019 Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Support Vector Machine (SVM)

RIDEA VALENTINI PERISTIWARI SIWABESSY

Informasi Dasar

19.04.2055
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Calon presiden dan wakil presiden pada pemilihan umum tahun 2019, terdiri dari petahana dan salah satu calon presiden yang baru. Petahana telah bekerja selama 4 tahun untuk membangun Indonesia. Dalam ma-sa kepemimpinannya banyak program kerja yang telah dikerjakannya. Berbagai penilaian terhadap hasil kerjanya bermunculan. Ada yang pro, tetapi juga ada yang kontra dengan hasil kerja petahana. Sosial media Twitter merupakan salah satu platform yang sering digunakan untuk menyampaikan berbagai penilaian terhadap hasil kerja petahana. Informasi yang terdapat pada Twitter berupa pertanyaan, opini atau komentar, baik yang bersifat positif maupun negatif. Setiap tweet yang menyatakan apresiasi maupun penolakan merupakan bentuk ekspresi dari masyarakat sebagai respon terhadap hasil kerja petahana. Da-lam penelitian ini, dibangun sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan tweet berdasarkan sentiment masyarakat terhadap hasil kerja sang petahana berdasarkan tweet. Untuk mengklasifikasikan sentimen berdasarkan parameternya digunakan metode Support Vector Machine (SVM) sebagai classifiernya. Hasil yang didapatkan bahwa skenario 3 (kombinasi TF-IDF + Stemming) dan skenario 8 (kombinasi Word Count + Stemming) memiliki akurasi baik yaitu 81,58% dan 77,56%.

Kata kunci : support vector machine, sentimen, twitter, pilpres

Subjek

Natural language processing
 

Katalog

Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Hasil Kerja Petahana Dalam Kaitan Dengan Pemilihan Presiden tahun 2019 Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Support Vector Machine (SVM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIDEA VALENTINI PERISTIWARI SIWABESSY
Perorangan
Anisa Herdiani, Ade Romadhony
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CSH3L3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CSH4O3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • CSH4G3 - PENAMBANGAN DATA
  • MUH1F3 - PROBABILITAS DAN STATISTIKA A
  • CII3C3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CII4G3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • CII4I3 - PENAMBANGAN DATA
  • CPI3C3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini