ANALISIS PENGARUH FULL WIDTH HALF MAXIMUM TERHADAP JARAK MAKSIMAL ANTARA SOURCE KE RECEIVER PADA SISTEM VISIBLE LIGHT COMMUNICATION

DEVIN BENZ RIZKI

Informasi Dasar

19.04.1991
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi dan komunikasi kian berkembang pesat. Visible Light Communication (VLC) adalah perkembangan teknologi komunikasi yang multifungsi untuk memenuhi dua kebutuhan manusia yaitu penerangan dan konektivitas internet. Teknologi VLC ini dipilih karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding Wireless Fidelity (Wi-Fi) dan lebih efisien dalam segi penggunaan energi.

Pada dasarnya VLC menggunakan media cahaya untuk mengirimkan data menuju pengguna tanpa ada interferensi dari sumber cahaya lain. Namun pada kenyataan penerapan teknologi ini perlu memiliki standar parameter untuk tercapainya mobilitas pengguna yang maksimal dan juga konsumsi energi yang minim guna menciptakan teknologi multifungsi dan efisien.

Full Width Half Maximum (FWHM) adalah salah satu parameter yang mempengaruhi kinerja sistem VLC khusus nya pada sisi Transmitter yang berimbas pada distribusi daya terima. Idealnya FWHM ditentukan berdasarkan kebutuhan, namun demi menjawab permasalahan mobilitas user yang terbatas maka Tugas Akhir ini melakukan analisis dari pengaruh perubahan FWHM terhadap jarak maksimal antara source ke receiver untuk menemukan nilai FWHM yang tepat guna.

Hasil dari Tugas Akhir ini adalah menemukan jarak maksimal coverage sistem VLC dengan mengubah nilai FWHM pada sisi transmitter. Dengan performansi keberhasilan sistem adalah BER 10-3 maka diperoleh hasil jarak maksimal coverage sistem seluas 22,72 meter persegi dari luas keseluruhan ruangan 25 meter persegi pada rentang FWHM 70 - 85.

Kata Kunci : VLC, FWHM, Coverage, Transmitter, Receiver, BER.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH FULL WIDTH HALF MAXIMUM TERHADAP JARAK MAKSIMAL ANTARA SOURCE KE RECEIVER PADA SISTEM VISIBLE LIGHT COMMUNICATION
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVIN BENZ RIZKI
Perorangan
Arfianto Fahmi, Vinsensius Sigit
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTG4E3 - KOMUNIKASI OPTIK LANJUT
  • TTG4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL
  • TTH3H3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TTI3C3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini