IDENTIFIKASI POLA SIDIK BIBIR PADA IDENTITAS MANUSIA MENGGUNAKAN METODE SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD) DAN KLASIFIKASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK APLIKASI BIDANG BIOMETRIK FORENSIK

CITRA FAIRUZ GHINA

Informasi Dasar

19.04.1947
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kasus tindakan kriminal dan musibah bencana alam sangat sering terjadi di Indonesia. Seringkali korban atau pelaku tidak diketahui identitasnya. Untuk mengetahui identitas seseorang dapat menggunakan pendekatan forensik biometrik. Salah satu penerapan teknologi pada forensik biometrik yaitu menggunakan suatu perangkat lunak. Data masukan pada perangkat ini menggunakan berbagai ciri khusus, seperti sidik bibir. Sidik bibir mempunyai sifat individu yang tinggi. Sama seperti sidik jari, setiap orang juga memiliki pola unik yang berbeda pada setiap orang, yaitu gambaran celah pada bibir atas dan bibir bawah. Sidik bibir memiliki sifat permanen, yaitu tidak mengalami perubahan sejak enam minggu intra uterine hingga dewasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan identitas manusia melalui pola sidik bibir dengan menggunakan metode ekstraksi ciri Singular Value Decomposition (SVD) dan klasifikasi Learning Vector Quantization (LVQ). Citra sidik bibir diambil dari 30 individu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem tersebut dapat melakukan identifikasi identitas manusia melalui sidik bibir berdasarkan klasifikasi Suzuki dan Tsuchihashi. Sistem tersebut memiliki performansi dengan tingkat akurasi sebesar 87,103% dan waktu komputasi 170,570 detik dengan menggunakan parameter layer SV, hidden layer 40 dan epoch 600.

Kata Kunci : Forensik biometrik, sidik bibir, Singular Value Decomposition, Learning Vector Quantization, Suzuki dan Tsuchihashi.

Subjek

SIGNAL PROCESSING DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

IDENTIFIKASI POLA SIDIK BIBIR PADA IDENTITAS MANUSIA MENGGUNAKAN METODE SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD) DAN KLASIFIKASI LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK APLIKASI BIDANG BIOMETRIK FORENSIK
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA FAIRUZ GHINA
Perorangan
Rita Purnamasari, Dewi Zakiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini