FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

RADITYA RAMADHIANTORO

Informasi Dasar

19.04.1730
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada umumnya perusahaan yang telah go public akan menerbitkan laporan keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, masih terdapat beberapa perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam menerbitkan laporan keuangan atau disebut Audit Delay. Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan BAPEPAM untuk menyampaikan laporan keuangan paling lambat 90 hari setelah tahun buku berakhir dan peraturan diperbaharui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu untuk menyampaikan laporan keuangan paling lambat 120 hari setelah tahun buku berakhir. Untuk membuat GCG (good corporate governance) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat mencegah terjadinya Audit Delay, dengan itu dikeluarkannya peraturan oleh Keputusan Direksi Bursa Efek Jakarta (BEJ) No.Kep-315/BEJ/06/2000. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa dalam rangka penyelenggaraan pengelolaan perusahaan yang baik GCG (good corporate governance), perusahaan yang tercatat di BEJ wajib memiliki komite audit dan komisaris independen. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengujian bukti empiris baik secara simultan ataupun parsial pengaruh Independensi Komite Audit, Kompetensi Komite Audit, Rapat Komite Audit, dan Ukuran perusahaan terhadap Audit Delay pada Perusahaan Pertambangan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan dengan periode penelitian 2013-2017. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yaitu Multikolinearitas dan Heteroskedasitas, selanjutnya uji analisis regresi data panel yaitu Chow, Hausman Test, serta Lagrange Multiplier dan didapatkan hasil common effect. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Independensi Komite Audit, Kompetensi Komite Audit, Rapat Komite Audit, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Audit Delay. Sedangkan secara parsial, Independensi Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Audit Delay, Kompetensi Komite Audit berpengaruh positf terhadap Audit Delay, Rapat Komite Audit berpengaruh negatif terhadap Audit Delay, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Audit Delay.

Kata kunci : Independensi Komite Audit, Kompetensi Komite Audit, Rapat Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Audit Delay.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADITYA RAMADHIANTORO
Perorangan
DUDI PRATOMO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini