FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017)

INES MUTIARA JUNAEDI

Informasi Dasar

19.04.1721
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan jaman saat ini memicu persaingan antar perusahaan semakin kompetitif, hal tersebut membuat perusahaan berperilaku terlewat batas dalam memanfaatkan dan menggunakan sumber daya dan lingkungan yang dikonsumsi tanpa adanya pertanggung jawaban dari pihak perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan dengan kondisi dunia yang tidak menentu seperti terjadinya kemiskinan yang semakin meningkat, globalwarming, dan memburuknya kesehatan masyarakat menuntut perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosial perusahaan pada seluruh stakeholder. Di Indonesia pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan masih terbilang rendah, dari pada negara-negara Eropa yang sudah lebih dulu memperhatikan isu lingkungan sosial. Padahal pemerintah sudah dengan jelas dan tegas menyatakan dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas pada pasal 74 No.40 tahun 2007 bahwa perusahaan wajib melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan, dan apabila perusahaan tidak melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan tangggung jawab sosial perusahaan pada laporan tahunan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah kepemilikan asing, profitabilitas yang diukur dengan return on asets (ROA), leverage yang diukur dengan debt to equity ratio (DER), ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan mendapatkan laporan tahunan dan laporan keuangan yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Objek penelitian yang digunakan yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017. Total sampel penelitian adalah 90 perusahaan dari seluruh sektor manufaktur. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa secara simultan variabel kepemilikan asing, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara parsial bahwa variabel kepemilikan asing, profitabilitas, leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan untuk variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Diharapkan bagi pihak manajemen perusahaan sebaiknya perlu untuk memperhatikan laporan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan karena hal ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan

Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INES MUTIARA JUNAEDI
Perorangan
CAHYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini