Kebijakan Perpajakan : Optimalisasi Insentif dan Kesinambungan Fiskal

B. Raksaka Mahi, A. Rinto P, Sofia A. damayanti

Informasi Dasar

19.01.848
336.2
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
8a

Salah satu tantangan utama pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara saat ini adalah penghimpunan pendapatan negara yang berasal dari pajak dan bukan pajak. Rendahnya tax ratio menunjukkan bahwa pemerintah masih harus bekerja keras meningkatkan kemampuan menghimpun penerimaan negara melalui perbaikan sistem administrasi, peningkatan kepatuhan wajib pajak, dan perumusan kebijakan yang tepat.

Penyusunan suatu kebijakan yang kredibel haruslah berdasarkan hasil pengkajian, penelitian (research based policy), dan proses public hearing melalui diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan dan akademisi. Selanjutnya, kebijakan disosialisasikan dan dikomunikasikan kepada publik untuk memastikan partisipasi aktif seluruh elemen yang terdampak oleh kebijakan tersebut.

Buku ini menggambarkan diskusi yang terjadi dalam proses perumusan sebuah kebijakan. Analisis dari sisi teori, ekonomi makro, praktik-praktik yang berlaku umum, hingga analisis data mikro dilakukan untuk memastikan bahwa pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek dan dampak yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan suatu kebijakan.

Hasil pemikiran para peneliti dan pegawai Pusat Kebijakan Pendapatan Negara, Badan Kebijakan Fiskal ini tentu dapat memperkaya diskusi perumusan kebijakan publik di tanah air dan menjadi sumber rujukan bagi para mahasiswa dan akademisi, serta sumber informasi bagi para pelaku usaha dan masyarakat umum.

Subjek

TAX
 

Katalog

Kebijakan Perpajakan : Optimalisasi Insentif dan Kesinambungan Fiskal
9786020630311
xiv, 249p.: ill.; 23cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

B. Raksaka Mahi, A. Rinto P, Sofia A. damayanti
Perorangan
 
 

Penerbit

Gramedia
Jakarta
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini