Akuntansi dan Manajemen Wakaf

Delli Maria, Dodik Siswantoro, dkk

Informasi Dasar

19.01.738
657.96
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
16 A

Apakah Anda pernah mendengar kata wakaf? Wakaf menurut UU No. 41 Tahun 2004 adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah. Sebenarnya apabila dirunut, praktik wakaf telah diperkenalkan dalam Islam melalui kehidupan Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Praktik tersebut yang kemudian menjadi awal mula lahirnya praktik wakaf yang ada saat ini. Buku Akuntansi dan Manajemen Wakaf ini ditulis oleh 21 orang penulis dari berbagai kampus yang ada di Indonesia, yang mana seluruhnya memiliki fokus perhatian pada ekonomi dan keuangan syariah terutama wakaf. Buku ini sendiri terbit sebagai respons para penulis terhadap kekosongan referensi mengenai wakaf dan semangat untuk ikut andil memberikan kontribusi dalam perkembangan praktik wakaf di Indonesia. Buku yang didesain untuk mata kuliah yang memiliki pembahasan mengenai wakaf ini tentunya merujuk pada sejumlah teori dan regulasi terkait wakaf yang berlaku di Indonesia. Seluruh royalti dari hasil penjualan buku ini nantinya akan didonasikan kepada lembaga wakaf. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:

Bab 1 Pengantar Wakaf Bab 2 Fikih Wakaf Bab 3 Praktik Pengelolaan Wakaf di Berbagai Negara Bab 4 Investasi dan Manajemen Wakaf Bab 5 Konsep dan Teori Akuntansi Wakaf Bab 6 Anggaran Lembaga Wakaf Bab 7 Akuntansi Pemberdayaan Aset Tanah Wakaf Produktif Bab 8 Standar Akuntansi Wakaf Sosial Bab 9 Pengukuran Kinerja Wakaf Bab 10 Tata Kelola Pengelola Wakaf Bab 11 Isu Pajak dalam Wakaf Bab 12 Audit Wakaf Bab 13 Wakaf Kontemporer Bab 14 Isu Wakaf

Dengan pembahasan yang komprehensif ini, maka segala hal yang terkait dengan Akuntansi dan Manajemen Wakaf sudah dibahas tuntas dari A sampai Z. Selain itu, terdapat pembahasan mengenai kemungkinan pengembangan model wakaf ke depan yang tentunya memiliki karakteristik yang sesuai dengan negara Indonesia.

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

Akuntansi dan Manajemen Wakaf
9789790618701
xxii, 226p.; 26 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Delli Maria, Dodik Siswantoro, dkk
Perorangan
 
 

Penerbit

Salempa Empat
Yogyakarta
2019

Koleksi

Kompetensi

  • EAI364 - ACCOUNTING ANALYSIS TOOLS
  • EAI1K3 - COST ACCOUNTING
  • EAI2X3 - PUBLIC ACCOUNTING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini