IDENTIFIKASI TAHAPAN-TAHAPAN FAMILY BUSINESSDALAM MENGEMBANGKAN USAHA(Studi Kasus Pada Batu Alam Indah 2 Di Kota Bandung)

Ultan Prima Nugraha

Informasi Dasar

19.04.1634
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena yang terjadi, berdasarkan survei yang dilakukan The Jakarta Consulting Group pada tahun 2004 pada buku Susanto (2009:12) yang meneliti 87 perusahaan keluarga berskala menengah ke atas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Responden dalam survei ini mewakili perusahaan-perusahaan keluarga yang didirikan sejak tahun 1932-2003, komposisi perusahaan keluarga lebih didominasi oleh perusahaan yang umurnya relatif muda (tidak lebih dari tiga dekade). Secara positif terlihat adanya kegairahan bagi tumbuhnya perusahaan keluarga di Indonesia, terutama sekali untuk satu dekade terakhir. Meskipun jumlah perusahaan keluarga sudah meningkat, usaha yang dilakukan oleh UKM Alam Indah II yang bergerak di bidang batu alam ternyata berhasil meningkatkan penjualannya di Kota Bandung dengan format usaha turun temurun atau biasa disebut perusahaan keluarga, usaha batu alam ini beralamat di jalan Raya Sukamiskin No 13 RT01/RW 05 Kel.Pasir Impun Kec. Mandalajati Kota Bandung. UKM Alam Indah merupakan salah satu supplier untuk produk batu alam di daerah Kota Bandung. Dari sekian banyak penjual batu alam di Bandung, UKM Alam Indah merupakan salah satu penjual batu alam yang berkembang cukup pesat di banding penjual batu alam lainnya terlihat dari beberapa cabang yang dimiliki dan dijalankan secarafamily business. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahap-tahap perkembangan familiy business pada Alam Indah II dengan 4 Phase yangterdiri dari Phase of Development, Phase of Management, Phase Transformation, dan Phase of Maintain. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pemilik, penjaga toko, operasional, produksi dan pemasang batu UKM Alam Indah II. Selain itu observasi juga dilakukan dengan mengunjungi tempat usaha UKM Alam Indah untuk mengamati kegiatan, suasana kerja, dan produk yang dihasilkan oleh UKM Alam Indah II. Sumber data lainnya di dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara dengan cabang Alam Indah lainnya.

Kata kunci: Alam Indah II, Phase of Development, Phase of Management, Phase Transformation, dan Phase of Maintain

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

IDENTIFIKASI TAHAPAN-TAHAPAN FAMILY BUSINESSDALAM MENGEMBANGKAN USAHA(Studi Kasus Pada Batu Alam Indah 2 Di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ultan Prima Nugraha
Perorangan
RATNA L. NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini