Identifikasi Faktor Penghambat Mahasiswa Dalam Menjalankan Bisnis (Studi Pada Mahasiswa MBTI Yang Mengambil Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan Tahun Ajaran 2017/2018)

GOVIN DIAZ BASTITA

Informasi Dasar

19.04.1624
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi cenderung memilih menjadi pencari kerja (job seeker) dibanding menciptakan lapangan kerja (job creator). Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah pengangguran adalah dengan memberdayakan lulusan perguruan tinggi lewat wirausaha. untuk mengetahui bidang semangat berwirausaha dikalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi mahasiswa dalam menjalankan bisnis (studi pada mahasiswa MBTI yang mengambil mata kuliah proyek kewirausahaan tahun ajaran 2017/2018). Kewirausahaan adalah kegiatan yang mencakup cara mengidentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Wirausaha lebih mendapat berbagai kebebasan yang tidak mungkin diperoleh jika seseorang menjadi karyawan, buruh bagi orang lain, atau pesuruh bagi pengusaha lain. Namun ada saja hambatan yang merintangi. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 217 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling berupa simple random sampling. Analisis data ini menggunakan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penghambat mahasiswa dalam menjalankan bisnis yaitu Financial barriers, kemudian Attitude towards change, Fear of failure, Stress avoidance, Market barriers, Risk avoidance, Knowledge barriers. Sedangkan faktor Demographic and Personal Factors adalah faktor hambatan paling kecil yang dihadapi Mahasiswa dalam menjalankan bisnis. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya mahasiswa dapat meminimalisir faktor yang dapat menghambat dalam menjalankan wirausaha misalnya seperti faktor keuangan dan stres.

Kata kunci: Hambatan wirausaha, proyek kewirausahaan, analisis deskriptif

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Identifikasi Faktor Penghambat Mahasiswa Dalam Menjalankan Bisnis (Studi Pada Mahasiswa MBTI Yang Mengambil Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan Tahun Ajaran 2017/2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GOVIN DIAZ BASTITA
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini