Analisis Perkembangan Family Business Ditinjau Dari Tiga Dimensi Perkembangan Bisnis Keluarga (Studi Pada Rumah Makan Ponyo)

HAFIZHA NADHIRAH NUR KARIMAH

Informasi Dasar

19.04.1590
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bisnis keluarga di Indonesia memiliki kemampuan untuk tetap bertahan dan berkembang. Namun, untuk bisa berlanjut pihak pemangku kepentingan menemui tantangan yang krusial seperti tantangan dalam peralihan generasi, konflik diantara para stakeholders bisnis, dan tantangan untuk melakukan ekspansi usaha. Meneliti bisnis keluarga dalam pandangan model tiga dimensi perkembangan bisnis keluarga. Meliputi perkembangan dimensi keluarga, dimensi kepemilikan, dan dimensi bisnis. Penelitian dilakukan di Rumah Makan Ponyo. Rumah Makan Ponyo dipilih karena memiliki keunikan dalam kepemilikan dan manajemen bisnisnya. Tipe penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan analisis data bersifat induktif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam (depth interview). Data-data dari hasil wawancara kemudian di analisis berdasarkan model tiga dimensi perkembangan bisnis keluarga. Analisis tersebut bertujuan untuk memetakan stakeholders (anggota keluarga, pemilik saham, dan karyawan) dan merumuskan strategi berdasarkan analisis SWOT. Hasil penelitian yang diperoleh adalah stakeholders Rumah Makan Ponyo seluruhnya berasal dari keluarga. Rumah Makan Ponyo memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun karena Rumah Makan Ponyo masih dikendalikan oleh hubungan keluarga yang terus terpelihara, menjadikan Rumah Makan Ponyo menjadi bisnis yang kuat.

Kata Kunci: Analisis Perkembangan, Bisnis Keluarga, Tiga Dimensi Perkembangan Bisnis

Subjek

1.ENTREPRENURIAL
 

Katalog

Analisis Perkembangan Family Business Ditinjau Dari Tiga Dimensi Perkembangan Bisnis Keluarga (Studi Pada Rumah Makan Ponyo)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZHA NADHIRAH NUR KARIMAH
Perorangan
CUT IRNA SETIAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini